Rabu, 30 Mei 2012

sirip selinder


Sirip selinder

Sistem pendinginan pada mesin ada dua macam yaitu sistem pendingi udar dan sistem pendingin air .
Kusus mesin dengan pendingin udara terdapat sirip selinder . itu bukan sirip hiasan agar enak dilihat . tapi sebagai media pendingin untuk melepas panas.
Dibikin bersirip agar permukaan silinder lebih lebar .sehingga panas yang di lepas lebih banyak, jadi jagan sembarangan membuang sirip selinder karana dapat mengakibatkan mesin cepat panas .
Beda dengan mesin berpendingin air . mesin tidak dilengkapai dengan sirip pada selinder tapi panas mesin diserap oleh air, dari air pendingin dibawa ke radiator, di radiator juga terdapat sirip yang berguna untuk mebuang panas secara cepat .

Agar mudah membuang panas radiator juga dilengkapi dengan kipas, hembusan dari atau isapan dari kipas dapat membuat proses pelepasan panas menjadi lebih cepat, apalagi sewaktu terkena macet akan sangat penting fungsi dari kipas radiator, disaat hembusan angin berkurang di karnakan motor sering berheti, maka hembusan dari kipas sangat lah membatu menggatikan hebusan angin sewaktu motor berjalan  .
Nah selain sirip, motor juga ada yang menganut dua sistem pendinginan yaitu cairan dan udara .semua itu di buat untuk mempercepat pendinginan masin ..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar